KISI-KISI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS
1. Bahasa
Indonesia IPA/IPS/Keagamaan
Level
kognitif
|
Membaca
nonsastra
|
Membaca
sastra
|
Menulis terbatas
|
Menyunting Kata, Kalimat,
dan
Paragraf
|
Menyunting Ejaan dan
Tanda Baca
|
Pemahaman dan
Pengetahuan
· Mengidentifikasi
· Memaknai
|
Siswa mampu
- memaknai istilah
- mengidentifikasi
informasi
tersurat
|
Siswa mampu
- mengidentifikasi kata
yang bermakna
simbolik/majas/ kias
dalam karya sastra
- memaknai isi tersurat
dalam karya
sastra
|
Siswa mampu
- menentukan istilah/
kata yang tepkat
sesuai konteks
|
Siswa mampu
- mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
kata
- mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
konjungsi
- mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kalimat
- mengartikan
kata
|
Siswa mampu
- mengidentifikasi
kesalahan pengguanaan
ejaan (judul
sapaan/gelar, nama kota,
kata depan)
- mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
tanda baca
|
Aplikasi
· Menginterpretasi
· Menangkap
· Menggunakan
|
Siswa mampu
- menemukan ide pokok
- menemukan inti
kalimat
- menentukan makna
rujukan
- menyimpulkan isi
tersirat dalam teks
nonsastra
|
Siswa mampu
- menyimpulkan isi tersirat
dalam cerpen/novel
(sebab onflik, akibat
konflik, nilai moral)
- menyimpulkan hubungan
antar bagian
cerpen/novel
|
Siswa mampu
- melengkapi unsur teks
eksposisi
- melengkapi unsur teks
deskripsi
- melengkapi unsur teks
narasi
- melengkapi teks sastra
- melengkapi teks ulasan
- melengkapi teks
prosedur
|
Siswa mampu
- menggunakan istilah
dalam kalimat
- menggunakan kata
bentukan (mengisi sesuai
kaidah bentukan
kata
|
Siswa mampu
- menggunakan ejaan
- menggunakan
tanda baca
|
Level
Kognitif
|
Membaca
Nonsastra
|
Membaca
satra
|
Menulis
terbatas
|
Menyunting
Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Menyunting Ejaan dan
Tanda Baca
|
Penalaran
· Membandingkan
· Menunjukkan
Bukti
· Menganalisis
· Menanggapi/
Mengomentari
· Merefleksi
· Mengevaluasi
|
Siswa mampu
- membandingkan isi,
pola penyajian, dan
bahasa teks
- menyimpulkan
perbedaan dan
persamaan isi
- membandingkan
penggunan bahasa dan
pola penyajian
beberapa jenis teks
(berita, eksposisi,
prosedur, editorial,
ulasan/resensi)
- mengomentari isi teks
- menunjukkan bukti
suatu simpulan
|
Siswa mampu
- membandingkan isi, pola
penyajian, dan bahasa
karya sastra (berdasarkan
gaya, tema, unsur)
- menganalisis hubungan
antar bagian karya sastra
- membuktikan simpulan
dengan data pada karya
sastra (bukti watak,
seting, nilai)
- mengaitkan isi dengan
kehidupan saat ini
- menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
- meringkas isi
karya sastra
|
Siswa mampu
- mengurutkan unsur
teks
- memvariasikan kata
yang bermakna sama
- memvariasikan kalimat
yang bertujuan sama
- menyusun paragraf dari
beberapa data
- menggabungkan
beberapa kalimat
dengan konjungsi
yang sesuai
|
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan
penggunaan kalimat
- memperbaiki kesalahan
penggunaan paragraf
- menentukan alasan dari
segi pilihan
kata, kalimat paragraf
|
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan
penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan
pengunaan tanda baca
- menentukan alasan
kesalahan dari segi ejaan
dan tanda baca
|
2. Bahasa Indonesia - Bahasa
Level
Kognitif
|
Membaca non
sastra
|
Diksi
|
Struktur
Kebahasaan
|
Pemahaman
· Mengidentifikasi
· Memaknai
|
Siswa mampu
- Mengidentifikasi kata
- Mengidentifikasi unsur teks
- Mengidentifikasi
makna tersurat
|
Siswa mampu
- Menentukan kata/istilah sesuai
konteks
-
Mengidentifikasi struktur teks nonsastra
|
Siswa mampu
- Mengidentifikasi bentuk teks
- Mengidentifikasi tata makna
- Mengidentifikasi tata bentukan
-
Mengidentifikasi tata kalimat
|
Menafsirkan/aplikasi
· Menginterpretasi
· Menangkap informasi implisit
· Menggunakan
|
Siswa mampu
- Menyimpulkan isi tersirat
- Menginterpretasi hubungan unsur
- Mengklasifikasi
isi
|
Siswa mampu
- Melengkapi
kata, kalimat, paragraf
|
Siswa mampu
- Menganalisis tata makna
- Menganalisis tata bentukan
- Menganalisis tata kalimat
- Menggunakan
teori kebahasaan untuk mengklasifikasi teks
|
Penalaran
· Membandingkan
· Menunjukkan bukti
· Menganalisis
· Menanggapi/mengomentari
· Merefleksi
· Mengevaluasi
· Mengkreasi
|
Siswa mampu
- Membandingkan penggunaan
bahasa dan pola penyajian
beberapa jenis teks
- Menganalisis hubungan antar
unsur
- Membandingkan pola penulisan
- Meringkas isi
-
Menanggapi/mengomentari isi teks
|
Siswa mampu
- Mengurutkan unsur teks nonsastra
- Memvariasikan bagian teks (kata,
kalimat, paragraf)
-
Memvariasikan/kalimat kritikan/pujian
|
Siswa mampu
- Memperbaiki kesalahan dari segi tata
makna
- Memperbaiki kesalahan dari segi tata
bentukan
- Memperbaiki kesalahan dari segi tata
kalimat
- Membandingkan untuk menentukan
perbedaan dan
persamaan teks
|
3. Sastra Indonesia - Bahasa
Level
Kognitif
|
Membaca
sastra
|
Menulis
sastra
|
Aspek
Kesastraan
|
Pengetahuan dan pemahaman
· Mengidentifikasi
· Memaknai
|
Siswa mampu
- mengidentifikasi kata yang bermakna
simbolik/majas/kias dalam karya sastra
- mengidentifikasi unsur karya sastra
- memaknai isi
tersurat dalam karya sastra
|
Siswa mampu
- menentukan majas/makna simbolik
-
mengidentifikasi struktur teks sastra
|
Siswa mampu
- mengidentifikasi bentuk karya
sastra
- mengidentifikasi aspek kesastraan
pada puisi, prosa
fiksi, dan drama
|
Menafsirkan/aplikasi
· Menginterpretasi
· Menggunakan
|
Siswa mampu
- menyimpulkan isi tersirat dalam karya
sastra
- menginterpretasi hubungan isi dalam
karya sastra
- mengklasifikasi
karya sastra
|
Siswa mampu
- melengkapi unsur karya sastra puisi
- melengkapi karya sastra prosa fiksi
- melengkapi karya
sastra drama
|
Siswa mampu
- menganalisis aspek kesastraan
pada puisi
- menganalisis aspek kesastraan
pada prosa fiksi
- menganalisis aspek kesastraan
pada drama
- menggunakan
teori sastra untuk mengklasifikasi
|
Penalaran
· Membandingkan
· Menunjukkan bukti
· Menganalisis
· Menanggapi/mengomentari
· Merefleksi
· Mengevaluasi
· Mengkreasi
|
Siswa mampu
- membandingkan isi, pola penyajian,
dan
bahasa karya sastra (berdasarkan gaya,
tema, unsur)
- menganalisis hubungan antar unsur
dalam karya sastra
- menganalisis bukti
- mengaitkan isi dengan kehidupan saat
ini
- menilai keunggulan/kelemahan karya
sastra
- membandingkan pola karya sastra
(berdasarkan gaya, tema, unsur)
- meringkas isi karya sastra
-
menanggapi/mengomentari isi karya sastra
|
Siswa mampu
- mengurutkan unsur teks sastra
- memvariasikan unsur karya sastra
bebentuk puisi
- memvariasikan karya sastra yang
berbentuk prosa fiksi
- memvariasikan karya sastra yang
berbentuk drama
- menyusun kritik dan esai
- memvariasikan
kalimat pada kritik dan esai
|
Siswa mampu
- mengkritik aspek kesastraan pada
puisi
- mengkritik aspek kesastraan pada
prosa fiksi
- mengkritik aspek kesastraan pada
drama
- membandingkan untuk
menentukan perbedaan dan
persamaan karya
sastra
|
4. Bahasa Inggris IPS/IPS/Keagamaan/Bahasa
Level Kognitif
|
Fungsi Sosial
|
Struktur Teks
|
Unsur Kebahasaan
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
· Mengidentifikasi
|
Siswa dapat:
- Mengidentifikasi topik/tujuan/ latar
belakang/alas an
teks secara keseluruhan
|
Siswadapat:
- Mengidentifikasi langkah kerja
/urutan/alur/plot dari
kejadian/peristiwa/
tindakan dalam teks
|
Siswa dapat:
- Mengidentifikasi ungkapan/kata yang
memiliki makna yang sama.
- Menentukan kata yang tepat untuk
melengkapi teks
- Menentukan bentuk gramatika yang tepat
sesuai konteks
|
Penerapan
· Mengklasifikasi
· Menentukan
· Menerapkan
|
Siswadapat :
- Menerapkan fungsi detil dari setiap
langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek
yang ada
disebutkan dalam teks
|
Siswadapat:
- Menjelaskan keterkaitan antara langkah
satu dengan yang lainnya
-
Menentukan
susunan kalimat yang tepat
|
|
Penalaran
· Menyimpulkan
· Menganalisis
|
Siswadapat:
-
Menentukan
akibat/efek setelah membaca teks.
|
Siswa dapat:
- Menyimpulkan hasil dari langkah yang
dilakukan atau
tidak dilakukan.
|
5. Bahasa Arab – Bahasa
Level
Kognitif
|
Membaca
(Qira’ah)
|
Kosa Kata
(Mufradat)
|
Unsur
Kebahasaan (Tarkib/Qawaid)
|
Pengetahuan dan
pemahaman
· Mengenal
· Mengeja
· Mengidentifikasi
· Menentukan topik
|
Peserta didik memiliki pemahaman
eksplisit informasi tersurat dan
tersirat
berdasarkan wacana
(tabel/gambar/grafik/teks) seputar alta’aruf,
al-hayat fil madrasah, al-usrah, alhayat
al-yaumiyyah, al-hiwayah, al-rihlah
yang berkaitan dengan cara menyapa,
cara
berpamitan, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, meminta izin, instruksi,
memperkenalkan diri, cara memberi tahu,
cara menanyakan, cara meminta, cara
menawarkan, unsur kebahasaan, struktur
teks, unsur budaya. Termasuk cara
meminta perhatian, mengecek
pemahaman,
meminta izin, memuji, merespon
|
Peserta didik memiliki kemampuan
mengenal berbagai kosa kata dan
ungkapan komunikatif berdasarkan
konteks mengenai al-ta’aruf, al-hayat fil
madrasah, al-usrah, al-hayat alyaumiyyah,
al-hiwayah, al-rihlah yang
berkaitan dengan cara menyapa, cara
berpamitan, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, meminta izin, instruksi,
memperkenalkan diri, cara memberi
tahu, cara menanyakan, cara memint,
cara menawarkan, unsur kebahasaan,
struktur teks, unsur budaya. Termasuk
cara meminta perhatian, mengecek
pemahaman,
meminta izin, memuji, merespon, sinonim dan antonim
|
Peserta didik memiliki kemampuan
mengenal struktur teks pada kalimat
berdasarkan konteks mengenai mubtoda,
khabar, fiil, fail, mafúlbih, huruf jar, isim
isyarah, kalimat istifham, isim
mufrad/mutsanna/ jama’. Fiil madhi,
mudhari, amr, isim tafdhil, dharaf, na’at,
dhomir muttasil dhomir munfashil, ta’ajub
|
Aplikasi
· Mengartikan
· Menggunakan
· Menerapkan
· Menginterpretasi
· Menyusun
|
Perserta didik memiliki pemahaman
implisit informasi berdasarkan wacana
(tabel/gambar/grafik/teks) seputar alta’aruf,
al-hayat fil madrasah, al-usrah, alhayat
al-yaumiyyah, al-hiwayah, al-rihlah
yang berkaitan dengan cara menyapa,
cara
berpamitan, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, meminta izin, instruksi,
memperkenalkan diri, cara memberi tahu,
cara menanyakan, cara meminta, cara
menawarkan, unsur kebahasaan, struktur
teks, unsur budaya. Termasuk cara
meminta perhatian, mengecek
pemahaman,
meminta izin, memuji,
|
Peserta didik memiliki kemampuan untuk
menerapkan kosa kata dan ungkapan
komunikatif berdasarkan konteks seputar
al-ta’aruf, al-hayat fil madrasah, al-usrah,
al-hayat al-yaumiyyah, al-hiwayah, alrihlah
yang berkaitan dengan cara
menyapa, cara berpamitan,
mengucapkan terima kasih, meminta
maaf, meminta izin, instruksi,
memperkenalkan diri, cara memberi
tahu, cara menanyakan, cara memint,
cara menawarkan, unsur kebahasaan,
struktur teks, unsur budaya. Termasuk
cara meminta
perhatian, mengecek
|
Peserta didik memiliki kemampuan
menerapkan struktur teks pola kalimat
berdasarkan konteks mengenai mubtada,
khabar, fiil, fail, mafúlbih, huruf jar, isim
isyarah, kalimat istifham, isim
mufrad/mutsanna/ jama’. Fiil madhi,
mudhari, amr, isim tafdhil, dharaf, na’at,
dhomir muttasil dhomir munfashil, ta’ajub
|
6. Matematika IPA
Level
Kognitif
|
Aljabar
|
Kalkulus
|
Geometri
dan Trigonometri
|
Statistika
|
Pengetahuan dan
pemahaman
· Mengidentifikasi
· Mengklasifikasi
data
· Menyimpulkan
· Menjelaskan
· Membandingkan
· Menentukan
· Menghitung
|
Siswa memiliki kemampuan
memahami konsep dasar pada
topik:
- Pangkat, akar, dan logaritma
- Fungsi, komposisi fungsi,
dan, fungsi invers
- Persamaan dan fungsi
kuadrat
- Sistem persamaan linear dan
sistem pertidaksamaan
linear
- Program linear
- Suku banyak
- Matriks
- Barisan dan
deret
|
Siswa memiliki kemampuan
memahami konsep dasar pada
topik:
- Limit fungsi aljabar dan limit
fungsi trigonometri
- Turunan fungsi aljabar dan
turunan fungsi trigonometri
- Titik stasioner dan nilai
ekstrim
- Integral fungsi aljabar dan
integral fungsi
trigonometri
|
Siswa memiliki kemampuan
memahami konsep dasar pada
topik:
- Perbandingan trigonometri,
dan fungsi trigonometri
- Aturan sinus dan kosinus
- Kedudukan, jarak, dan sudut
dari titik, garis, dan bidang
dalam ruang tiga dimensi
- Persamaan lingkaran dan
garis singgung lingkaran
- Transformasi
|
Siswa memiliki kemampuan
memahami konsep dasar pada
topik:
- Statistika dasar
- Kaidah pencacahan
(perkalian permutasi,
kombinasi)
- Peluang
|
Aplikasi
· Menggunakan
· Memodelkan
· Memecahkan
masalah
|
Siswa memiliki kemampuan
mengaplikasikan konsep aljabar
dalam masalah kehidupan
sehari-hari pada topik:
- pangkat, akar, dan logaritma
- fungsi, komposisi fungsi,
dan, fungsi invers
- persamaan dan fungsi
kuadrat
- sistem persamaan linear dan
sistem pertidaksamaan
linear
- program linear
- suku banyak
- matriks
- barisan dan
deret
|
Siswa memiliki kemampuan
mengaplikasikan konsep kalkulus
dalam masalah kehidupan seharihari
pada topik:
- limit fungsi aljabar dan limit
fungsi trigonometri
- turunan fungsi aljabar dan
turunan fungsi trigonometri
- titik stasioner dan nilai ekstrim
- integral fungsi aljabar dan
integral fungsi
trigonometri
|
Siswa memiliki kemampuan
mengaplikasikan konsep
geometri dan trigonometri
dalam masalah kehidupan
sehari-hari pada topik:
- perbandingan trigonometri,
dan fungsi trigonometri
- aturan sinus dan kosinus
- kedudukan, jarak, dan sudut
dari titik, garis, dan bidang
dalam ruang tiga dimensi
- persamaan lingkaran dan
garis singgung lingkaran
- transformasi
|
Siswa memiliki kemampuan
mengaplikasikan konsep
statistik dan peluang dalam
masalah kehidupan sehari-hari
pada topik:
- statistika dasar
- kaidah pencacahan (perkalian
permutasi, kombinasi)
- peluang
|
Penalaran
· Menganalisis
· Menerapkan
gagasan
· Mengorganisasi
gagasan
· Mensintesis
· Mengevaluasi
· Merumuskan
· Menyimpulkan
· Menginterprestasi
|
Siswa memiliki kemampuan
bernalar pada topik:
- fungsi, komposisi fungsi, dan,
fungsi invers
- persamaan dan fungsi kuadrat
- sistem persamaan linear dan
sistem pertidaksamaan linear
- program linear
- matriks
- barisan dan
deret
|
Siswa memiliki kemampuan
bernalar pada topik:
- turunan fungsi aljabar dan
turunan fungsi trigonometri
- titik stasioner dan nilai ekstrim
- integral fungsi aljabar dan
integral fungsi
trigonometri
|
Siswa memiliki kemampuan
bernalar pada topik:
- perbandingan trigonometri,
dan fungsi trigonometri
- aturan sinus dan kosinus
- kedudukan, jarak, dan sudut
dari titik, garis, dan bidang
dalam ruang tiga
dimensi transformasi
|
Siswa memiliki kemampuan
bernalar pada topik:
- statistika dasar
- kaidah pencacahan (perkalian
permutasi,
kombinasi) peluang
|
7. Matematika
IPS
Level
Kognitif
|
Aljabar
|
Kalkulus
|
Geometri
dan Trigonometri
|
Statistika
dan Peluang
|
Pengetahuan dan
pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menyebutkan
· Menunjukkan
· Membandingkan
· Menjelaskan
· Mengkatagorikan
· Membedakan
· Menentukan
· Menghitung
|
Siswa mampu memahami dan
menguasai tentang:
- aturan bentuk pangkat, akar,
dan logaritma
- grafik fungsi kuadrat
- akar-akar persamaan kuadrat
- sistem persamaan dan
pertidaksamaan linear dua
variabel
- komposisi fungsi
- fungsi invers
- program linear
- fungsi linear
- operasi matriks, invers, dan
determinan matrik ordo 2 x 2
- suku ke-n, jumlah n suku
deret aritmetika
dan deret geometr
|
Siswa mampu memahami dan
menguasai tentang:
- limit fungsi aljabar
- turunan fungsi aljabar
- integral tak tentu dan tentu
- titik stasioner
dan nilai ekstrim
|
Siswa mampu memahami
dan menguasai tentang:
- perbandingan trigonometri
pada segitiga siku-siku
- kedudukan titik, garis, dan
bidang dalam
ruang
|
Siswa memahami dan menguasai
tentang:
- deskripsi data dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik
- ukuran pemusatan (mean, median,
dan modus)
- ukuran letak (kuartil, desil, dan
persentil)
- ukuran penyebaran (jangkauan,
simpangan rata-rata, varians, dan
standar deviasi)
- kombinasi
- permutasi
- peluang
kejadian
|
Aplikasi
· Menentukan
· Menerapkan
· Memprediksi
· Menghubungkan
· Menggunakan
· Memecahkan
masalah
|
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman
tentang:
- persamaan kuadrat
- pertidaksamaan kuadrat
- model matematika sistem
persamaan linear dua variabel
- program linear
- deret
aritmetika dan geometri funsi linear
|
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman
tentang:
- fungsi naik dan fungsi turun
- titik stasioner
dan nilai ekstrim
|
Siswa mampu
mengaplikasikan
pengetahuan dan
pemahaman tentang:
- fungsi trigonometri
- jarak pada bangun ruang
- sudut pada
bangun ruang
|
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman
tentang:
- deskripsi data dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik
- ukuran pemusatan (mean, median,
dan modus)
- ukuran letak (kuartil, desil, dan
persentil)
- ukuran penyebaran (jangkauan,
simpangan rata-rata, varians, dan
standar deviasi)
- kombinasi - permutasi
- Peluang
Kejadian
|
Penalaran
· Menganalisis
· Mensintesis
· Mengevaluasi
· Merumuskan
· Menyimpulkan
· Menjelaskan
hubungan
konseptual dan
informasi faktual
· Menginterpretasi
|
Siswa mampu menggunakan
nalar yang berkaitan dengan:
- fungsi linear
- program linear dan
penafsirannya
- barisan dan
deret
|
Siswa mampu menggunakan
nalar yang
berkaitan dengan- nilai ekstrim
|
Siswa mampu menggunakan nalar
yang berkaitan dengan:
- ukuran pemusatan (mean, median,
dan modus)
- kombinasi
- permutasi
- peluang
kejadian
|
8.Matematika
Bahasa
Level Kognitif
|
Aljabar
|
Geometri dan Trigonometri
|
|
Pengetahuan dan
pemahaman
· Mengidentifikasi
· Mengklasifikasi data
· Membandingkan
· Menentukan
· Menghitung
· Menyimpulkan
|
Siswa mampu memahami dan menguasai
konsep:
- aturan bentuk pangkat dan logaritma
- fungsi dan grafiknya (fungsi aljabar
sederhana)
- persamaan dan fungsi kuadrat
- sistem persamaan dan pertidaksamaan
linier 2 variabel
- operasi matriks dan sifat matriks
- deret aritmetika dan deret geometri
- program linier
- determinan dan
invers matriks 2 x 2
|
Siswa mampu memahami dan menguasai
konsep:
- perbandingan fungsi trigonometri
- kedudukan titik, garis, dan bidang
dalam
ruang
- jarak dan besar
sudut titik antar garis dan bidang dalam ruang
|
Siswa memahami dan menguasai tentang
konsep:
- deskripsi
data dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik
- kaidah
pencatatan (perkalian, permutasi,
dan kombinasi)
- ukuran
pemusatan (mean, median, dan
modus)
- ukuran
penyebaran (jangkauan,
simpangan
rata-rata, varians, dan standar deviasi)
|
Aplikasi
· Menggunakan
· Memecahkan masalah
· Memodelkan
|
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
- aturan bentuk pangkat dan logaritma
- fungsi dan persamaan kuadrat
- sistem persamaan dan pertidaksamaan
linier 2 variabel
- program linier
- deret aritmetika dan geometri
- determinan
matriks dan invers matriks 2x2
|
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
dan pemahaman tentang:
- perbandingan dan fungsi trigonometri
- kedudukan titik, garis, dan bidang
dalam
ruang
- jarak dan besar
sudut titik antar garis dan bidang dalam ruang
|
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
- perhitungan data dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik
- ukuran pemusatan (mean, median, dan
modus)
- ukuran penyebaran (jangkauan,
simpangan rata-rata, varians, dan
standar
deviasi)
- kaidah
pencacahan (perkalian, permutasi, kombinasi)
|
Penalaran dan logika
· Menganalsis
· Mengorganisasi
gagasan
· Menerapkan gagasan
· Menginterpretasikan
|
Siswa mampu menggunakan nalar dalam
permasalahan:
- persamaan dan fungsi kuadrat
- persamaan dan pertidaksamaan linier 2variabel
- program linier
|
Siswa mampu menggunakan nalar yang
dalam:
- perbandingan dan fungsi trigonometri
- jarak dan besar
sudut titik, antar garis, dan bidang dalam ruang
|
Siswa memiliki menggunakan nalar dalam
permasalahan:
- ukuran pemusatan (mean, median, dan
modus)
- ukuran penyebaran (jangkauan,
simpangan rata-rata, varians, dan
standar deviasi)
- kaidah pencacahan (permutasi,
perkalian,
dan kombinasi)
- peluang
kejadian
|
9.Fisika IPA
Level Kognitif
|
Pengukuran dan
kinematika
|
Dinamika
|
Usaha dan energi
|
Kalor
|
Gelombang dan Optik
|
Listrik, Magnet, dan
Fisika Modern
|
Pengetahuan dan
pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menyebutkan
· Menunjukkan
· Membedakan
· Mengelompokkan
· Menjelaskan
|
Siswa mampu
memahami:
- pengukuran
- besaran fisika
- vektor
- gerak lurus
- gerak melingkar
- gerak parabola
|
Siswa mampu
memahami:
- gaya
- hukum newton
- momen gaya
- momen inersia
- fluida (statik
dan dinamik)
|
Siswa mampu
memahami:
- usaha
- impuls
- momentum
- tumbuka
|
Siswa mampu
memahami:
- kalor
- perpindahan
kalor
- teori kinetik
gas
|
Siswa mampu
memahami:
- gelombang
- bunyi
- cahaya optik
- gelombang
Elektromagnet elastisitas
|
Siswa mampu
memahami:
- listrik statis
- listrik dinamis
- kemagnetan
- fisika inti
- efek foto
listrik
|
Aplikasi
· Mengklasifikasi
· Menginterpretasi
· Menghitung
· Mendeskripsikan
· Mengurutkan
· Membandingkan
· Menerapkan
· Memodifikasi
|
Siswa mampu
mengaplikasikan
pengetahuan dan
pemahaman tentang:
- pengukuran
- vektor
- gerak lurus
- gerak melingkar
- gerak parabola
|
Siswa mampu
mengaplikasikan
pengetahuan dan
pemahaman
tentang:
- gaya
- hukum newton
- momen gaya
- momen inersia
- keseimbangan
benda tegar
- titik berat
- fluida (statik
dan dinamik)
|
Siswa mampu
mengaplikasikan
pengetahuan dan
pemahaman
tentang:
- usaha
- energi
- impuls
- momentum
- tumbukan
|
Siswa mampu
mengaplikasikan
pengetahuan dan
pemahaman
tentang:
- kalor
- perpindahan
kalor
- teori kinetik
gas
|
Siswa mampu
mengaplikasikan
pengetahuan dan
pemahaman tentang:
- gelombang
- bunyi
- cahaya optik
- gelombang
Elektromagnet elastisitas
|
Siswa mampu
mengaplikasikan
pengetahuan dan
pemahaman tentang:
- listrik statis
- listrik dinamis
- kemagnetan
- fisika inti
- efek foto
listrik
|
Penalaran
· Menemukan
· Menyimpulkan
· Menggabungkan
· Menganalisis
· Memecahkan
masalah
|
Siswa mampu
bernalar tentang:
- Vektor
- gerak lurus
- gerak melingkar
- gerak parabola
|
Siswa mampu
bernalar tentang:
- gaya
- hukum newton
- momen gaya
- momen inersia
- keseimbangan
benda tegar
|
Siswa mampu
bernalar tentang:
- impuls
- momentum
- tumbuka
|
Siswa mampu
bernalar tentang:
- kalor
- perpindahan kalor
|
Siswa mampu
bernalar tentang:
- optik fisis
|
Siswa mampu
bernalar tentang:
- fisika Inti
|
· Merumuskan
· Memprediksi
|
- titik berat
- fluida (statik
dan dinamik)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar