KISI-KISI UJIAN NASIONAL
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI
1.
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
INDIKATOR
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks. Menentukan persamaan isi berita. Menentukan perbedaan penyajian berita. Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan. Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan. Menyimpulkan isi paragraf. Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah. Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak. Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
KOMPETENSI
2.
Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
INDIKATOR
Menulis catatan pengalaman pada buku harian. Menulis pesan singkat sesuai konteks. Menulis laporan/pengumuman/resensi. Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca. Menulis rangkuman. Menulis teks berita sesuai konteks. Menulis slogan sesuai konteks. Menulis iklan sesuai konteks. Menyusun petunjuk melakukan sesuatu. Menulis teks pidato. Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka. Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
Melengkapi pantun. Melengkapi puisi.
Melengkapi naskah drama.
B.INGGRIS
KOMPETENSI
1. READING (Membaca) Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation, schedule.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
1. READING (Membaca) Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
KOMPETENSI
2. WRITING (Menulis) Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana. Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana. Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
kalimat yang bermakna.
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.
MATEMATIKA
KOMPETENSI
1. Menggunakan konsep operasi hitung
dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
bilangan berpangkat, bilangan akar,
aritmetika sosial, barisan bilangan,
serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
INDIKATOR
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
barisan bilangan dan deret
KOMPETENSI
2. Memahami operasi bentuk aljabar,
konsep persamaan dan
pertidaksamaan linier, persamaan
garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem
persamaan linier, serta
penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
INDIKATOR
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu
variabel.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
himpunan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
fungsi.
Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linier dua variabel.
KOMPETENSI
3.
Memahami konsep kesebangunan,
sifat dan unsur bangun datar, serta
konsep hubungan antarsudut dan/atau
garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan atau kongruensi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau
pelurus).
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengangarisgaris
istimewa pada segitiga
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan
dua lingkaran.
INDIKATOR
Memahami sifat dan unsur bangun
ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
KOMPETENSI
4. Memahami konsep dalam statistika,
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
INDIKATOR
Menentukan ukuran pemusatan atau
menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
KOMPETENSI
5. Memahami konsep peluang suatu
kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
INDIKATOR
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian
ILMU PENGETAHUAN ALAM
KOMPETENSI INDIKATOR
1. Melakukan pengukuran dasar secara
teliti dengan menggunakan alat ukur
yang sesuai dan sering digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI
2. Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan konversi suhu pada termometer.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI
3. Mendeskripsikan dasar-dasar
mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep
tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
KOMPETENSI
4. Memahami konsep-konsep dan
penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang.
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI
5. Memahami konsep kelistrikan dan
kemagnetan serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam
suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau
Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik
dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutubkutub
yang dihasilkan.
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
KOMPETENSI
6. Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.
INDIKATOR
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau
peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
KOMPETENSI
7. Mendeskripsikan konsep atom, ion
dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
INDIKATOR
Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta
hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
KOMPETENSI
8. Memahami klasifikasi zat serta perubahannya.
INDIKATOR
Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya.
KOMPETENSI
9. Mendeskripsikan pemakaian bahan
kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.
KOMPETENSI
10. Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta
pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
INDIKATOR
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.
KOMPETENSI
11. Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi antarmakhluk
hidup dalam lingkungan, serta peran
manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
INDIKATOR
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran/kerusakan lingkungan
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan.
KOMPETENSI
12. Menjelaskan sistem organ pada manusia.
INDIKATOR
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan
penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzimenzim
yang berperan pada proses pencernaan.
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan
penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia
dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada
manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.
KOMPETENSI
13. Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan.
INDIKATOR
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ)
pada tumbuhan.
Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
KOMPETENSI
14. Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan pewarisan
sifat pada organisme serta kaitannya
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
INDIKATOR
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi
alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar